Textual Criticism


Kerja kritik teks dalam hal ini berusaha untuk mengurai kembali proses penurunan sebuah teks, menelusuri kembali urutan-urutan penurunannya dan berusaha untuk mengembalikan teks-teks tersebut sedekat mungkin sesuai dengan bentuk aslinya.

The business of textual criticism is in a sense to reverse this process, to follow back the threads of transmission and try to restore the texts as closely as possible to the form which they originally had (Reynolds, L.D & N.G. Wilson, 1989: 186).

Naskah-naskah itu berlainan dalam hal tingkat kepercayaannya sebagai saksi atas teks-teks aslinya; semuanya sampai pada taraf tertentu di dalam proses penurunannya mengalami perubahan, apakah itu dari kerusakan fisik (physical damage), kelalaian si penyalin (the fallibility of scribes), maupun dari pengaruh-pengaruh penambahan (interpolation) yang dilakukan dengan sengaja.

These manuscripts vary in their trustworthiness as witnesses to the original texts; all of them have suffered to some degree in the process of transmission, whether from physical damage, from the fallibility of scribes, or from the effects of deliberate interpolation (Reynolds, L.D & N.G. Wilson, 1989: 186).

PERUBAHAN-PERUBAHAN (CORRUPTION)

Untuk menyarikan kebenaran dari bukti naskah yang ada, para filolog harus memiliki sejumlah pengetahuan mengenai beberapa jenis perubahan yang terjadi. Sebab utama dari adanya perubahan adalah ketidakmampuan para penyalin untuk membuat salinan yang akurat dari teks yang ada di hadapannya. Sebagian besar kesalahan-kesalahan itu bersifat tak disengaja, namun di akhir uraian ini, kami menunjukkan sebuah pengelompokan penting yang menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Meskipun pada awalnya mengherankan bahwa para penyalin sangat sering tidak mampu berkonsentrasi, setiap orang mungkin akan segera membuktikan lewat percobaan yang dilakukannya sendiri seberapa sulitnya untuk membuat salinan yang sepenuhnya akurat bahkan dari sebuah teks yang pendek sekalipun. Jika benar kelalaian selama menyalin dengan menggunakan tangan yang terjadi di sepanjang waktu itu adalah satu-satunya cara penurunan, maka mungkin adalah sesuatu yang luar biasa dimana teks-teks yang lebih kuno tidak mengalami perubahan hingga ke sebuah kondisi yang sulit untuk dibaca. Terdapat banyak potensi yang berbahaya di hadapan para penyalin jika ia sekali saja membiarkan perhatiannya berpaling. Beberapa dari kemungkinan tersebut dicantumkan di dalam daftar di bawah ini. Keseluruhannya akan ditunjukkan melalui sebuah pemilihan kecil beberapa teks yang terbagi ke dalam kategori teks yang masih kasar dan kategori teks yang siap baca. Harus ditekankan bahwa kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan para penyalin tidak pernah menjadi bahan penelitian dalam bidang statistika, dan oleh karena itu tidak mungkin membuat dengan beberapa kadar ketepatan relatif sebuah frekuensi berbagai jenis kesalahan. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah bahwa penempatan sebuah kesalahan ke dalam sebuah golongan tidaklah selalu semudah seperti yang terlihat. Kasus-kasus muncul yang mana hal itu mungkin mengaitkan sebuah kesalahan ke dalam salah satu atau ke dalam gabungannya dari bebagai jenis kesalahan yang ada. Pertimbangan ketiga yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua sebab kesalahan berjalan setiap saat. Sebagai contohnya adalah penggunaan beberapa singkatan yang kemungkinan besar memunculkan kesulitan untuk para penyalin dapat ditempatkan di dalam batas-batas kronologis atau geografis.

1.      Kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh ciri tulisan tangan kuno atau abad pertengahan dapat diambil sebagai sebuah golongan kesalahan yang pertama. Mungkin muncul dugaan bahwa kelompok ini jauh lebih banyak daripada kelompok kesalahan lainnya, namun penelitian mendalam memunculkan keraguan atas pandangan tersebut. Sebab-sebab umum kesalahan di dalam kelompok ini adalah (i) kurangnya pemisahan antar kata-kata di dalam banyak naskah, (ii) sangat miripnya huruf-huruf tertentu di dalam sebuah naskah yang menyebabkan kebingungan, (iii) salah membaca sebuah singkatan; terlepas dari tanda-tanda biasa yang mewakili suku-suku kata atau kata-kata singkat yang umum, terdapat sebuah metode khusus penyingkatan kata untuk istilah-istilah penting tertentu dalam teologi Nasrani; yang dikenal sebagai nomina sacra, dan seringkali terdapat di dalam teks-teks bangsa Yunani maupun teks-teks Latin. Pada kedua bahasa tersebut, penyingkatan-penyingkatan kata begitu banyak dan kompleks sehingga penelitian terhadapnya membentuk subjek sendiri di dalamnya (Plate V). (iv) Karena angka-angka dilambangkan lewat huruf-huruf pada kedua bahasa, maka tak jarang angka-angka tersebut disampaikan dengan salah, sebuah fakta yang menjadi hambatan serius untuk para filolog sejarah dan ekonomi. Barangkali satu yang dapat ditambahkan di sini (v) kebingungan yang berasal dari dua kata yang memiliki bentuk atau pengejaan yang serupa bahkan ketika tidak terdapat penyebab rasa bingung langsung dalam bentuk huruf-huruf yang terpisah.

2.      Perubahan-perubahan lain dihasilkan dari perubahan-perubahan dalam pengejaan dan pengucapan. Misalnya, di dalam bahasa Latin modern, bunyi ae dan e menjadi identik, sementara b disuarakan sebagai sebuah suara mendesah (fricative) dan hampir sama dengan v. Di dalam bahasa Yunani, beberapa huruf hidup (vowel) dan diptong direduksi ke dalam sebuah suara iota, seperti dalam bahasa modernnya. Kesalahan yang disebabkan oleh perubahan ini disebut sebagai iotakisme. Beta menjadi bersifat fricative seperti dalam bahasa Yunani modern dan begitu juga upsilon dalam diptong-diptong. Perbedaan antara omikron dan omega tidak ada lagi. Diptong alfa-iota serupa dengan epsilon. Kesalahan-kesalahan dalam bidang ortografis paling sering terjadi, namun sebagian besar dari kesalahan-kesalahan tersebut tidak penting untuk penetapan teksnya dan tidak tercatat di dalam metodenya.

3.      Penghilangan (omisi) merupakan golongan besar kesalahan yang ketiga. Sekali lagi, di sini pembagian dapat dilakukan. Kadang-kadang kita menemukan (i) penghilangan tidak lebih dari beberapa huruf; jika hal ini terjadi di dalam sebuah paragraf dimana si penyalin menulis sebuah rangkaian huruf-huruf hanya sekali ketika rangkaian huruf-huruf tersebut seharusnya diulangi, istilah haplografi digunakan. Kesalahan ini muncul jika si penyalin bergerak terlalu cepat dalam tugasnya, dan sebuah bentuk kesalahan lain yang serupa kadang-kadang disebut sebagai (ii) saut du même au même. Di sini, si penyalin, menemukan kata yang sama dua kali di dalam sebuah jarak yang berdekatan, menyalin teksnya sepanjang kemunculannya yang pertama; kemudian melihat kembali di salinannya untuk melihat apa yang ia harus salin selanjutnya, ia secara ceroboh menempatkan posisi kedua matanya pada kemunculan kedua kata tersebut dan memulai dari titik tersebut. Sebagai akibatnya, kata-kata yang ada di antaranya dihilangkan dari salinannya. Kesalahan-kesalahan juga disebabkan jika dua kata dalam jarak yang berdekatan memiliki awal atau akhir yang sama; istilah teknis untuk kesalahan-kesalahan tersebut adalah homoearkton dan homoeoteleuton. Kesalahan pandangan mata yang sama menyebabkan kesalahan-kesalahan yang serupa yang sesuai untuk mencantumkannya sebagai sebuah kategori yang sedikit berbeda, (iii) penghilangan seluruh baris dalam teks. Kesalahan ini seringkali ditemukan di dalam naskah-naskah para penyair, dan nilai informatif untuk para filolog yang mencoba untuk menciptakan sebuah stemma jelas terlihat. Selain itu, contoh-contoh yang lain dapat ditemukan di dalam teks-teks prosa. Namun demikian, harus ditambahkan bahwa sejumlah besar penghilangan-penghilangan terjadi tanpa alasan yang jelas terkecuali kelalaian si penyalin; kesalahan ini sering terjadi pada kata-kata yang kecil.

4.      Kelompok yang keempat dapat diistilahkan sebagai kesalahan-kesalahan penambahan (adisi). Yang paling sederhana adalah tidak lebih dari pengulangan beberapa huruf atau suku kata, yang disebut sebagai (i) dittografi. Yang paling banyak adalah penambahan terhadap teks yang bersifat menjelaskan atau materi illustratif. Jenis yang paling sering terdapat dalam kategori ini adalah (ii) penambahan sebuah keterangan (gloss). Sebagian besar naskah-naskah bangsa Yunani memiliki sejumlah catatan interlinier singkat yang menjelaskan kata-kata yang langka atau sulit. Keterangan-keterangan tersebut dengan mudah ditambahkan ke teks-teks di sepanjang proses penulisan. Di dalam puisi, sebuah penambahan sederhana jenis ini dapat segera menjadi jelas dikarenakan kekuatan yang diberikannya ke iramanya; namun kadang-kadang kata yang digunakan sebagai sebuah keterangan memiliki nilai irama yang sama seperti kata di dalam teksnya dan menggantinya tanpa merusak iramanya, dan contoh-contoh proses ini tidaklah mudah untuk dideteksi. Pendeteksian (iii) keterangan-keterangan di dalam sebuah teks prosa seringkali adalah yang paling sulit. Banyak paragraf-paragraf memuat frase-frase yang bersifat menjelaskan yang tidak terlalu dibutuhkan namun tidak merusak tata bahasa atau sintaksisnya. Frase-frase tersebut menghadirkan masalah-masalah yang masing tetap tidak dapat dipecahkan. Dua teks yang oleh para filolog baru-baru ini telah membahasnya secara mendetail dalam kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah Satyricon karya Petronius dan Tusculan Disputations karya Cicero. (iv) sebuah perubahan yang langka namun menarik adalah penambahan ke sebuah teks sebuah bagian yang paralel yang aslinya ditulis di dalam pinggiran sebuah buku oleh seorang pembaca yang terpelajar. Hal ini dapat terjadi di dalam sajak atau prosa. Kasus-kasus diketahui dari tragedi bangsa Yunani, dan Galen (17(I).634) memberitahukan bahwa proses tersebut telah terjadi di dalam salah satu perjanjian Hipokratik.

5.   Kesalahan-kesalahan perubahan kedudukan (transposisi) adalah golongan yang terkenal lainnya. (i ) perubahan kedudukan huruf-huruf sering terjadi. (ii) di dalam puisi, syair-syairnya seringkali disalin dalam urutan yang salah. (iii) pada semua jenis teks susunan kata seringkali mengalami perubahan. Banyaknya perubahan ini cukup besar sehingga kita dapat menyatakan bahwa inferensi-inferensi susunan kata dalam prosa Latin dan Yunani harus dilakukan dengan sangat cermat. Di dalam teks-teks Yunani baik syair maupun prosanya, terdapat beberapa sebab khusus yang menyebabkan perubahan kata selama abad pertengahan. (iv) Salah satu teks yang mengalami perubahan tersebut adalah tragedi. Sebuah irama yang ditemukan di dalam Byzantium adalah baris dua belas suku kata yang kurang lebih seperti baris iamb klasik namun memiliki aturan-aturan yang berbeda-beda, yang paling penting adalah bahwa suku kata suku kata yang kedua dari belakang harus memuat aksen (pada saat itu, sebuah akses penekanan). Sebagai akibatnya, beberapa penyalin merubah baris-baris dalam tragedi, mungkin secara tidak sengaja, untuk membuatnya sesuai dengan aturan ini. Proses ini dikenal sebagai vitium Byzantium. (v) Di dalam prosa Bizantium, terdapat sebuah aturan yang merubah susunan kata-kata; secara umum aturan tersebut mengharuskan bahwa dua suku terakhir yang diberi penekanan dari sebuah kalimat harus dipisahkan oleh dua atau empat suku kata yang tak diberi penekanan (dalam kasus-kasus tertentu nol atau enam suku kata). Pengaruh dari perubahan ini kadang-kadang terlihat di dalam naskah-naskah para penulis prosa klasik.

6.   Di dalam kelompok yang keenam seseorang dapat memasukkan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh konteksnya. (i) infleksi sebuah kata mungkin saja diasimilasi secara salah ke dalam sebuah kata yang berdekatan. (ii) para penyalin yang membiarkan diri mereka sendiri dipengaruhi oleh kata-kata atau frase yang telah mereka salin sebelumnya atau baru saja akan disalin.

7.     Beberapa kesalahan membuang pengaruh ajaran Nasrani. Mengingat bahwa semua penulis di Abad Pertengahan rata-rata penganut taat Nasrani, maka hal ini sangat mengejutkan jika mereka berhasil menyalin ribuan naskah tanpa melakukan kesalahan-kesalahan seperti ini.

8.     Juga terdapat golongan kesalahan yang berasal dari aktivitas penyalin yang disengaja. Seperti yang telah terlihat sebelumnya, para pembaca zaman kuno dan abad pertengahan mencoba untuk mengkoreksi paragraf-paragraf yang mereka rasakan sulit atau rusak, dan usaha-usaha mereka kadang-kadang salah atau tak cermat. Contoh dari hal ini adalah Tricilinus yang merusak beberapa syair Euripidean karena ia mengetahui bahwa responsi irama harus dikembalikan ke asalnya, namun tidak cukup memiliki pengetahuan tentang bahasa puisi klasik untuk membuat pengkoreksian-pengkoreksian yang benar. Pengkoreksian yang salah ini seringkali disebut sebagai interpolasi-interpolasi, meskipun istilah ini tak terlalu cocok. Perubahan secara sengaja pada skala yang lebih besar dapat dilihat dalam usaha-usaha untuk membuang bagian sebuah teks. Namun demikian, proses ini tak terlalu banyak dilakukan, seperti yang mungkin diduga. Di sini tampaknya para kepala sekolah dari zaman kuno atau Abad Pertengahan tidak seantusias para editor yang lebih modern untuk menghilangkan paragraf-paragraf yang cabul atau memalukan. Pemotongan-pemotongan yang ditemukan di dalam beberapa cetakan buku sekolah modern Arisophanes tidak terlihat diantisipasi di dalam naskah-naskah abad pertengahan. Namun terdapat naskah-naskah Herodotus yang mengabaikan cerita prostitusi yang dilarang di I.I99 dan terdapat sebuah kelompok naskah-naskah Martial dimana di dalamnya beberapa muatan cabul terlihat jelas digantikan oleh kata-kata yang tak terlalu vulgar. Jenis interpolasi yang lain, tidak disebabkan oleh para penyalin, disebabkan oleh para aktor dalam teks-teks tragedi Yunani (lihat hal. 14-15).

Beragamnya sebab-sebab kesalahan memunculkan konsekuensi-konsekuensi tentang arti pentingnya seorang pengkritik. Ia tidak dapat melakukan usahanya dalam pemikiran bahwa salah satu golongan kesalahan adalah dominan. Pada prakteknya, para filolog tampak mengasumsikan bahwa kesalahan-kesalahan yang muncul dari sebab-sebab palaeografis adalah yang paling sering muncul; pastinya ini adalah kesimpulan yang didapat dari berbagai dan tak jarang penyesuaian-penyesuaian palaeografis yang dilakukan dengan sengaja yang menyertai pengkoreksian-pengkoreksian yang ditawarkan. Satu-satunya metode yang aman adalah dengan mengikuti aturan yang diucapkan secara eksplisit oleh Haupt, dan diulangi oleh Housman: 'syarat utama dari sebuah pengkoreksian yang baik adalah bahwa pengkoreksian tersebut harus dimulai dari pemikirannya; hanya setelah pertimbangan-pertimbangan lain, seperti tentang irama, atau kemungkinan-kemungkinan lain, seperti kesaling tertukaran huruf-huruf, diperhatikan . . .Jika pendirian ini mengharuskannya, Saya melakukan persiapan untuk menulis Constaninopolitanus dimana MSS.nya memiliki kata seru dengan satu suku kata o'. Untuk menekankan uraian mereka, Haupt dan Housman mengutip sebuah contoh yang ekstrim. Faktanya ketika seorang kritikus telah menetapkan sebuah keputusan berdasarkan pemikiran bagaimana sebuah paragraf yang korup dapat dikembalikan ke asalnya, ia mempertimbangkan berbagai kemungkinan dalam kaitannya dengan jenis-jenis kesalahan yang dicantumkan di atas dan mendapat pengaruh dari jenis-jenis kesalahan tersebut ketika ia memilih di antara pemulihan-pemulihan teks yang berbeda. Ketika perubahan yang serius telah berlangsung, mungkin dibutuhkan memberikan tanda di antara obeli (††), di dalam teks asalnya dan memperlihatkan di dalam metodenya perkiraan-perkiraan yang terbaik; pada paragraf tersebut kepastian tidak dapat diperoleh bahkan dengan perbekalan kritikus yang tertajam.

KESIMPULAN

Di dalam tulisan mengenai fungsi dan metodologi kritik teks, kami telah menguraikan beberapa prinsip dan kriteria yang paling sering muncul dan paling banyak digunakan dengan berhasil oleh mereka yang berusaha untuk membalikkan proses penyampaian dan mengembalikan lagi ke asalnya kata-kata kuno semirip mungkin ke bentuk aslinya. Dalam rangka untuk mengurangi panjangnya sebuah bab sebuah subjek yang biasanya memuat sebuah buku dan bahkan kemudian tidak lebih dari sebuah panduan, kami telah membatasi laporan kami hanya tentang teknik-teknik dasar dan yang telah dicoba. Hal ini pastinya akan memberikan kesan bahwa kritik teks adalah sebuah proses yang lebih teratur dan lebih jelas daripada jika dibuktikan lewat praktek. Meskipun prinsip-prinsip umum tak diragukan lagi banyak digunakan, masalah-masalah khusus memiliki kebiasaan yang disayangkan dengan menjadi sui generis, dan secara hampir sama kita jarang menemukan dua tradisi naskah yang merespon terhadap perlakuan yang sama. 

Salah satu penghilangan (omisi) jelas terlihat. Meskipun memberikan ruang kepada keterbatasan-keterbatasan teori stematik, kami tidak menelaah metode-metode yang rumit dan kadang-kadang kontroversial yang telah diciptakan untuk menangani tradisi-tradisi yang telah tercemar. Semakin terbuka sebuah tradisi, semakin kurang bermanfaat pendekatan stematik, dan metode-metode lain harus dicoba. Metode-metode tersebut berkisar mulai dari pendekatan-pendekatan empiris, akal sehat yang menerima adanya kebutuhan dari sebuah dunia yang tidak sempurna, untuk menggabungkan teknik-teknik statistik yang bertujuan untuk memunculkan hasil-hasil yang lebih objektif. Pada beberapa kasus, kita dapat menggunakan sebuah modifikasi yang fleksibel dari metode genealogisnya. Naskah-naskah tersebut digolongkan sepanjang masih dapat masukkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar dan si editornya memilih bacaan-bacaannya secara bervariasi, yang didorong lebih oleh kualitas intrinsiknya daripada oleh pertimbangan-pertimbangan afiliasi dan kekuasaan dan memperhatikan keseimbangan faktor-faktor tersebut untuk menyesuaikan dengan sifat tradisinya. Namun jika kontaminasi telah berlangsung begitu jauh, sehingga dalam ungkapan Housman, 'garis pembatas yang sesungguhnya adalah antara perbedaan itu sendiri, bukan antara naskah-naskah yang memberikannya,' berbagai pendekatan dapat digunakan yang semua semuanya cenderung untuk memusatkan pada perbedaan-perbedaan itu sendiri bukan pada naskah-naskah yang memuat perbedaan-perbedaan itu. Proses ini mungkin membutuhkan teknik-teknik matematik yang rumit, yang sangat menarik di saat sekarang, dimana saat ini perkembangan komputer dan peralatan-peralatan mekanik dan elektronik semacamnya telah membuat teknik-teknik tersebut lebih mudah untuk dikerjakan. Kami tidak melaporkan metode-metode distribusional dan statistik, yang akan menjadi sebuah pengkajian tersendiri, tidak juga pengautomatisasiannya, yang masih sedang berada dalam tahapan eksperimental dan telah menghasilkan sebuah kumpulan literatur yang belum dapat dipahami oleh sebagian besar para mahasiswa ilmu sastra. Masih belum jelas apakah teknik-teknik rumit yang menggunakan mesin, seberapa valid sebagai sebuah studi teoritis, akan memunculkan hasil-hasil praktis yang membenarkan tenaga dan pengeluaran yang dibutuhkannya atau benar-benar unggul terhadap hasil-hasil yang diperoleh dari sarana-sarana tradisional dan 'sifat komputer itu sendiri, yang bertempat di antara kedua telinga para penelitinya.' Dalam setiap kasus, masa depan mereka tampaknya berada lebih di bidang-bidang alkitab dan kependetaan dan pada bahasa-bahasa lokal daripada pada teks-teks klasik, dimana materinya lebih mudah dikontrol dan sering dapat dikontrol lewat metode-metode tradisional yang disertai dengan penggunaan bantuan ilmiah yang terbatas. Pada akhirnya, perlengkapan dasar yang penting adalah perasaan, penilaian dan akal sehat dan kemampuan untuk membedakan apa yang benar dari apa yang salah di dalam sebuah konteks tertentu; dan kesemuanya masih terdapat dalam kesadaran manusia. Namun ketika dimana tradisinya besar dan kompleks, komputer dapat bermanfaat digunakan dalam membangun sebuah gambaran sementara mengenai kesalingketerkaitan teks-teks. Di luar bidang resensi, mesin-mesin dapat digunakan, jika terdapat kehati-hatian yang besar, di dalam studi-studi tentang gaya, dan mesin-mesin tersebut telah terbukti bermanfaat untuk memperoleh informasi dan dalam membuat indeks; dan hasil dari aktivitas-aktivitas tersebut memiliki keterkaitan yang sesungguhnya pada pengeditan teks-teks.

Terjemahan sebagian dari Scribes and Scholars: A Guide to the Transmission of Greek and Latin Literature (Reynolds, L.D & N.G. Wilson, 1989).

0 Response to "Textual Criticism"

Posting Komentar

Jika postingan di atas bermanfaat dan Anda tertarik untuk berbagi perasaan dan pikiran bersama kami, silakan tulis komentar. Terima kasih ;-)