Contoh Biografi Penulis Nazaruddin Azhar


Foto Biografi Penulis Nazaruddin Azhar
Artikel yang sedang Anda baca merupakan contoh biografi dari penulis Nazaruddin Azhar.

Biografi Penulis Nazaruddin Azhar


Dalam khazanah sastra Sunda, salah seorang sastrawan yang bergiat dalam penulisan naskah drama saat ini adalah Nazaruddin Azhar. Ia dilahirkan di Tasikmalaya pada tanggal 23 Agustus 1973. Pada tahun 1996, naskah drama “Blor” yang ditulisnya pernah meraih hadiah DK Ardiwinata dari Paguyuban Pasundan. Adapun pada tahun 2007, naskah drama “Jeblog” yang ditulisnya meraih pinunjul ‘juara’ I dalam Saémbara Ngarang Naskah Drama Sunda ‘Lomba Penulisan Naskah Drama Sunda’ yang diselenggarakan oleh Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda pada bulan Juni – Oktober 2007. Kemudian, naskah drama ini dikumpulkan bersama dengan naskah drama lainnya, yaitu “Rorongo” karya Arma Djunaedi (juara kedua), “Badog” karya Dhipa Galuh Purba (juara ketiga), “Randu Jalaprang” karya Tatang Sumarsono (juara harapan pertama), dan “Buuk Seuneu” karya Eryandi Budiman (juara harapan kedua), dalam buku Jeblog: Kumpulan Naskah Drama Sunda (2008), yang diterbitkan oleh Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda pada bulan Februari 2008.

Selain sebagai penulis naskah drama, ia pun dikenal sebagai seorang cerpenis dan penyair. Karya-karyanya banyak dimuat di media cetak lokal maupun nasional. Di antaranya dimuat di majalah Manglé, tabloid Galura dan Nova, dan koran Pikiran Rakyat, Tempo, dan Kompas. Salah satu cerpennya dimuat dalam antologi Ti Pulpén tepi ka Pajaratan Cinta (Kiblat, 2002) dan Kembang Kadengda (Taman Budaya, 2007). Di samping itu, ia pun aktif di dunia maya (internet). Blog milik Nazaruddin Azhar, yaitu di www.kilangbara.wordpress.com, banyak pula memuat karya-karyanya.

Demikian artikel mengenai contoh biografi penulis Nazaruddin Azhar. Anda bisa memanfaatkan artikel ini sebagai contoh dalam membuat biografi seorang penulis, pengarang, sastrawan, atau tokoh terkenal lainnya. Artikel lainnya mengenai contoh biografi penulis bisa Anda baca melalui link terkait di bawah. Lihat juga contoh sinopsis drama "Jeblog" karya Nazaruddin Azhar dalam kumpulan naskah drama Jeblog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Contoh Biografi Penulis Nazaruddin Azhar"

Posting Komentar

Jika postingan di atas bermanfaat dan Anda tertarik untuk berbagi perasaan dan pikiran bersama kami, silakan tulis komentar. Terima kasih ;-)