Contoh Biografi Penulis Dhipa Galuh Purba


Foto Biografi Penulis Dhipa Galuh Purba
Artikel yang sedang Anda baca merupakan contoh biografi dari penulis Dhipa Galuh Purba.

Biografi Penulis Dhipa Galuh Purba


Dhipa Galuh Purba dilahirkan di Ciamis pada tanggal 25 September 1977. Masa kecilnya banyak dihabiskan di kota kelahirannya. Setelah dewasa, dalam rangka melanjutkan pendidikannya, ia pindah ke kota Bandung hingga sekarang. Di samping sebagai seorang sastrawan, ia juga dikenal sebagai seorang wartawan dan penyiar radio. Ia juga aktif dalam penggarapan teater dan sinetron, baik sebagai penulis maupun sebagai pemain, dan juga kerap kali diundang menjadi juri, pembicara, moderator, bahkan menjadi mc (master of ceremony) dalam berbagai acara kegiatan kebudayaan.

Dalam khazanah sastra Sunda, ia termasuk seorang sastrawan yang produktif dalam menulis, baik dalam bahasa Sunda maupun bahasa Indonesia. Genre tulisannya pun variatif, mulai dari esai, cerpen, puisi, naskah drama, sampai skenario sinetron. Jejak tulisannya tersebar di banyak media cetak, di antaranya di majalah Manglé, Seni Budaya, Bina Da’wah, Sunda Midang, dan Cupumanik, tabloid Galura, Giwangkara, dan Kudjang, serta koran Sunda, Tadjuk, Pikiran Rakyat, Kompas, dan Galamedia. Adapun di media online, tulisan-tulisannya bisa dibaca di www.galuh-purba.com.

Hasil karyanya yang telah diterbitkan menjadi buku adalah Ukur Banyol (2000) yang ditulis bersama Dadan Sutisna. Beberapa hasil karyanya dimuat juga dalam berbagai antologi, di antaranya dalam antologi Ti Pulpén tepi ka Pajaratan Cinta (2002), Campaka Mangkak (2003), Mangsi Asih Kalam Tresna (2006), Sunda pun Angkat Bicara (2004), Bandung dalam Puisi (2006), Kembang Kadengda (2007), Jeblog: Kumpulan Naskah Drama Sunda (2008), Kanagan II: Kumpulan Carpon Pinilih Manglé (2008), dan Tak Pernah Aku Melihat Bulan Tiongkok (2010). Selain itu, berbagai prestasi sastra pun pernah diraihnya, di antaranya sebagai juara III Sayembara Menulis Cerita Rakyat Jawa Barat dengan judul “Situ Lengkong Panjalu” (2000), juara III Sayembara Carpon Mini dengan judul “Si…!” (2002), juara III Hadiah Sastra D.K. Ardiwinata dalam lomba menulis dangding dengan judul “Sandékala Tara Lila” (2004), juara II Lomba Carpon Tabloid Galura Tingkat Mahasiswa dengan judul “Kontrak” (2005), juara III Lomba Menulis Drama Sunda dengan judul “Badog” (2007), juara II Hadiah Sastra LBSS dengan judul “Cai Buruk Milu Mijah” (2006), dan terakhir sebagai juara II Lomba Menulis Drama Sunda dengan judul “Kembang Gadung“ (2009).

Demikian artikel mengenai contoh biografi penulis Dhipa Galuh Purba. Anda bisa memanfaatkan artikel ini sebagai contoh dalam membuat biografi seorang penulis, pengarang, sastrawan, atau tokoh terkenal lainnya. Artikel lainnya mengenai contoh biografi penulis bisa Anda baca melalui link terkait di bawah. Lihat juga contoh sinopsis drama "Badog" karya Dhipa Galuh Purba dalam kumpulan naskah drama Jeblog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Contoh Biografi Penulis Dhipa Galuh Purba"

Posting Komentar

Jika postingan di atas bermanfaat dan Anda tertarik untuk berbagi perasaan dan pikiran bersama kami, silakan tulis komentar. Terima kasih ;-)