Profil dan Biodata Ulama Indonesia: Ustaz H. Abdul Somad, Lc., M.A.

Profil dan Biodata Ustaz Abdul Somad

Beberapa tahun terakhir, nama Ustaz Abdul Somad ini sering menjadi perbincangan warganet dan pegiat media sosial tanah air. Bisa jadi, namanya belum setenar Ustaz Maulana, Ustaz Solmed, atau ustaz lainnya yang begitu populer dan banyak mengisi tausiah di TV. Namun, meski belum populer dan setenar pendahulunya, Ustaz Abdul Somad pun mulai dikenal masyarakat banyak.

Namanya dikenal publik karena keluasan ilmunya dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan dan menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran Youtube. Ulasannya yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan selera humor yang tinggi dan keahliannya dalam merangkai kata—yang notabene menjadi sebuah keharusan dalam retorika dakwah, membuat ceramah Ustaz Abdul Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Kajian-kajiannya yang tajam dan menarik terkait berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan ilmu fikih, membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Banyak dari ceramah Ustaz Abdul Somad yang mengulas berbagai masalah kekinian yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat, baik itu isu-isu nasional maupun isu-isu global. Bahkan, pengajian-pengajiannya pun banyak yang menjadi viral di media sosial.

Ikhwan dan Akhwat sekalian, berikut selengkapnya profil dan biodata Ustaz Abdul Somad yang kami kutip dan himpun dari berbagai sumber.

Profil dan Biodata Ustaz Abdul Somad


Pendidikan


Ustaz H. Abdul Somad, Lc., M.A., lebih dikenal dengan nama Ustaz Abdul Somad, adalah seorang ulama asal Pekanbaru, Riau. Beliau lahir di Pekanbaru pada Rabu petang tanggal 30 Jamada al-Ula 1314 Hijriah atau tanggal 18 Mei 1977 Masehi.

Sejak dari bangku sekolah dasar beliau dididik melalui sekolah yang berbasis pada tahfiz Alquran. Setamatnya dari SD al-Washliyah pada tahun 1990, beliau hijrah untuk melanjutkan pendidikannya ke MTs Mu’allimin al-Washliyah, Medan. Namun, setelah lulus pada tahun 1993, beliau kembali ke Riau untuk menempuh pendidikan di MA Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikan pendidikannya di tahun 1996.

Pada Tahun 1998, Ustaz Abdul Somad merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa pendidikan program S-1 sarjana dari pemerintah Mesir untuk belajar di Al-Azhar dan mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Beliau mendapatkan gelar Lc.-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan. Kemudian pada tahun 2004, Kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan program S-2 pascasarjana di Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute. Setiap tahunnya, program tersebut hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Ustaz Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa tersebut. Beliau menyelesaikan program pascasarjananya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

Pengabdian


Pasca lulus dari Maroko, Ustaz Abdul Somad hingga saat ini aktif mengabdikan diri di berbagai instansi dan lembaga pemerintahan. Ikhwan dan Akhwat sekalian, berikut rekam jejak pengabdian beliau:
  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar, Yayasan Masmur, Pekanbaru.
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian (Periode 2009 – 2014)
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan (Periode 2009 – 2014)
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau (Periode 2009 – 2014)

Karya Tulis


Di samping sibuk dengan jadwal pengajian-pengajiannya di beberapa tempat di wilayah Indonesia, Ustaz Abdul Somad masih menyempatkan diri untuk menuangkan gagasan dan pikirannya melalui beberapa buku yang ditulisnya. Bahkan, buku-buku yang ditulisnya menjadi buku best seller di kalangan umat Islam. Beliau juga merupakan seorang penerjemah yang produktif menerjemahkan beberapa literatur bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Ikhwan dan Akhwat sekalian, berikut rekam jejak karya tulis beliau:

Tesis


Rijal al-Mauta wal Sahihain Aladhin Da’ifahum an-Nisai’yu fi Kitab ad-Da’ifa' wal Mutraukin: Jami’a wa Dirasah

Terjemahan

  • Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga karya Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
  • 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan karya DR. Akram Thal’at. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim, Jakarta, April 2004.
  • 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya karya Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam, Jakarta, Desember 2004.
  • 30 Orang Dijamin Masuk Surga karya DR. Mustafa Murad. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim, Jakarta, Juli 2004.
  • 15 Sebab Dicabutnya Berkah karya Abu Al-Hamd Abdul Fadhil. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim, Jakarta, Agustus 2004.
  • Indahnya Seks Setelah Menikah karya DR. Aiman Al-Husaini. Diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan karya Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd. Diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  • Sejarah Agama Yahudi. Diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.

Buku

  • 37 Masalah Populer
37 Masalah Populer
  • 99 Pertanyaan Seputar Sholat
99 Tanya Jawab Seputar Shalat
  • 33 Tanya Jawab Seputar Qurban
33 Tanya Jawab Seputar Qurban

Ikhwan dan Akhwat sekalian, demikianlah profil dan biodata Ustaz Abdul Somad yang sedang menjadi trending topic saat ini. Follow Ustaz Abdul Somad di media sosial berikut:

Semoga saja, beliau tetap dikaruniai kesehatan dan umur panjang agar bisa terus berdakwah di jalan Allah Swt. Amiin ya rabbal alamiin. Akhirul kalam, jika Ikhwan dan Akhwat sekalian memiliki informasi akurat terkait kekeliruan maupun kekurangan atas data-data pada profil dan biodata Ustaz Abdul Somad, mohon bisa disampaikan kepada kami melalui kolom komentar. Sekian dulu dari kami, doakan agar kami selalu bisa mengupdate berbagai profil dan biodata ulama Indonesia. Please like, comment, subscribe, and share. Terima kasih.

0 Response to "Profil dan Biodata Ulama Indonesia: Ustaz H. Abdul Somad, Lc., M.A."

Posting Komentar

Jika postingan di atas bermanfaat dan Anda tertarik untuk berbagi perasaan dan pikiran bersama kami, silakan tulis komentar. Terima kasih ;-)